Manfaat Bunga Lidah Mertua untuk Kesehatan dan Lingkungan

Posted on

Memangnya ada bunga lidah mertua? Saya jawab tentunya ada. Yaps, itulah bentuk dari kepintaran seorang manusia menamakan sesuatu. Sesuai dengan motifnya memang tak salah bila dinamai lidah mertua. Bentuk tumbuhan ini yang seperti lidah panjang ke atas dan terdapat motif berbentuk totol – totol, namun bukan lidah betulan loh, apalagi lidahnya mertua.

Lidah mertua atau juga diketahui dengan sebutan Sanseveria adalah tanaman yang biasa kita jumpai di pekarangan rumah jadi pagar hidup (di tempat saya sih begitu) atau amat popular di kalangan pecinta tumbuhan hias. Selain keindahan, lidah mertua pun memiliki kegunaan bagi kesehatan tubuh. Loh kok bisa? Apa sih yang gak bisa, lidah mertua juga mempunyai keistimewaan yang luar biasa yakni dapat menyerap bahan beracun seperti polusi udara oleh asap rokok, karbondioksida, karbon monoksida serta jenis polutan yang bisa mencemari udara.

Wah hebat banget bukan? So, sangat pas ditanam sebagai hiasan rumah atau di taruh dalam ruangan untuk Anda yang suka merokok untuk menurunkan polusi asap rokok di dalam rumah. Tapi harus dilihat juga untuk mengeluarkan bunga itu di luar ruangan ketika malam hari, sebab setiap tanaman di malam hari tak lagi menyerap karbondioksida dan sejenisnya tetapi sebaliknya akan menyerap oksigen.

Lidah mertua pun mampu mengatasi bau tidak sedap di daerah kulkas Anda dan radiasi dari alat – alat elektronik, semacam televisi dan komputer. Caranya dengan meletakannya di samping kulkas dan alat elektronik itu. Selain itu, ada pula manfaat dari bunga lidah mertua demi mengatasi sejumlah penyakit. Nah, dibawah ini ulasannya :

Mengontrol Hipertensi / tekanan darah tinggi lalu Radang. Caranya, persiapkan akar bunga lidah mertua dengan total 27 gram, lalu cuci hingga bersih. Lalu rebus dengan 3 gelas air hingga didapat 1 gelas. Saring dan Minumlah 2 kali sehari.

Menyembuhkan Batuk, Influenza serta Kencing Manis / Diabetes. Caranya, ambil 25 gram lidah mertua, kemudian cuci sampai bersih. Selanjutnya rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring dan minum 2 kali sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.